Sejarah Masyarakat Mongol Memilih Islam

Sejarah Masyarakat Mongol Memilih Islam
Sejarah Masyarakat Mongol Memilih Islam
Mendengar kata Mongol, pikiran kita pasti tertuju pada masyarakat yang mempunyai sifat-sifat anti peradaban. Trauma sejarah, kontak teristimewa aspek Islam bersama mereka ialah alasannya. disaat itu, masyarakat Mongol merupakan masyarakat yg liar, kejam pada peperangan, dan penghancur peradaban.

Asal-Usul masyarakat Mongol

Orang-orang Mongol mulai sejak semenjak Gurun Gobi, di akhir utara negara Tiongkok. Mereka merupakan separo penggembala yg penyembah pujaan, bintang, dan bersujud untuk mentari dikala sang mentari terbit di horizon timur. anutan mereka yaitu Samanisme. satu buah falsafah keimanan yg mensucikan ruh-ruh nenek moyang. Dan memberikan kurban pada hewan-hewan buas.

Kata menyuluh yaitu nada bagi keluarga Mongol, Turk, Uygur, Seljuk, dan bangsa yang lain yg menghuni lokasi Gurun Gobi. menjadi, mengajar itu lebih luas cakupanya dibanding Mongol. Namun kata Mongol berulang tidak jarang dipakai buat menyebutkan suku-suku di atas. kalau ditinjau permulaan negeri otoritas Jenghis Khan yg menyerkup suku-suku tersebut.

Memeluk Islam

Mungkin beberapa orang tanya, apa yg ditinggalkan masyarakat Mongol tidak cuma menumpas dan jalankan pembantaian? Apa yg berjalan bagi mereka sesudah tragedy Baghdad dan Perang Ain Jalut?

Setelah 35 thn menyelinap daerah Islam dan berinteraksi bersama separo muslimin, beberapa orang Mongol sejak mulai persaudaraan silau bersama keyakinan Islam. malahan, tak hingga 50 thn, mayoritas berasal mereka sudah memeluk kepercayaan yg terkenal ini. Mongol kembali terpisah jadi Mongol muslim dan Mongol paganis (penyembah pujaan) Mereka korbankan solidaritas sesuku menjelang menegakkan religi ini.

Meskipun sudah jadi muslim, ada sifat-sifat original warga negara Mongol yg tak lenyap. apik agama ataupun kepribadian. benar-benar, Islam sudah edit mereka, tapi perselisihan itu tak berjalan komplet seperti generasi permulaan Islam lalu. Di segi lain, kita tak dapat merendahkan jasa-jasa mereka. beberapa orang Mongol sudah meneruskan sumbangan agung pada peradaban Islam. apalagi apa yg mereka melaksanakan tak sempat berjalan pada awal mulanya dan tak terulang semula di musim sesudahnya. Wilayah-wilayah yg belum sempat diinjak oleh beberapa muslimin jadi negara Islam. mulai sejak puncak timur sampai perbatasan propinsi-propinsi Arab, dan batas-batas Eropa, jadi tanah Islam.

Pembagian Daulah Mongol


Jenghis Khan menginvasi tidak sedikit negara sampai kerajaannya mempunyai tanah yg amat luas. dirinya membagi-bagi negeri kekuasaannya terhadap anak-anaknya asal wanita terutama. Mereka adalah:

Putra tertua, Jochi, mengambil negeri Rusia, Khawarizm, Kaukasus, dan Bulgaria.

Chagatai mengambil wilayah-wilayah Uygur, Turkmenistan barat, dan negeri-negeri seberang sungai.

Tolui menggapai negeri Khurasan, Persia, wilayah-wlayah Asia mungil, dan sebahagian negara Arab.

Ogedei mengambil daerah Mongol, Tiongkok, Turkmenistan timur, dan wilayah-wilayah kewenangan Jenghis Khan di sebelah timur.

Tersebarnya Islam di semula penduduk Tatar

Tak terbayangkan diawal mulanya, sontak dakwah Islam tersebar demikian saja di terus beberapa orang Mongol. Dakwah menyusup ke moral mereka tidak dengan tombak-tombak dan pedang-pedang. tambah tidak dengan perebutan kedaulatan. Begitulah kemuliaan keyakinan ini, pula dikenal oleh musuh-musuhnya. merecoki siaga mereka. menghabisi ruh raga yg sudah menggilas kaum muslimin.

Thomas Walker Arnold, seseorang sejarawan dan orientalis bermula Inggris, sedang merasakan keheranannya. pada bukunya The Preaching of Islam, dirinya menyampaikan perasaan herannya buat setengah penakluk itu borong rasa persahabatan dgn kerajinan pendakwah Islam. Mereka menggulung tantangan akbar dan melintasi salinan yg susah dekat berdakwah. Arnold silaturahmi gimana sanggup pendakwah Islam dapat menaklukkan pendakwah Budha dan Kristen dekat menyentak akhlak penguasa Mongol. malahan Islam merupakan saingan Mongol. 

(Sumber: www.KisahMuslim.com)




Kebenaran datangnya dari Allah SWT, Kesalahan datangnya dari saya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya Atau anda bisa mendapatkan artikel terbaru di Blog Khazanah Islam dengan cara masukkan email anda di Form di bagian paling bawah artikel ini . Terima kasih
 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Masyarakat Mongol Memilih Islam"

Post a Comment