Sejarah Islam Muhammad bin Al Qasim dan Penaklukan Sindi

Sejarah Islam Muhammad bin Al Qasim dan Penaklukan Sindi
Sejarah Islam Muhammad bin Al Qasim dan Penaklukan Sindi
Negeri ini dahulunya menjadi markas musuh yang mengancam Kekhalifahan Islam di masa Khalifah Al Walid bin Abdul Malik. kadang muncul gerombolan bajak laut yang menyerang pedagang-pedagang muslim. Hal ini mendorong Al Hajjaj ats Tsaqafi untuk meminta bantuan kepada Khalifah dalam rangka menaklukan daerah tersebut. juga menghentikan perlawanan dan menjaga stabilitas jalur perdagangan serta perbatasan negeri Islam. 

Khalifah Al Walid bin Abdul Malik meluluskan permintaan tersebut. Al hajjaj menyiapkan pasukan besar dan menunjuk menantu, sekaligus keponaannya yang bernama Muhammad Bin Al Qasim AtsTsaqafi yang belum genap berusia 20 tahun.

Pasukan besar ini mulai bergerak kearah Sindi pada tahun 89H. Panglima muda ini menuju Kota Daibul. sesampainya di kota tersebut, Muhammad Bin Al Qasim mengepungnya sehingga mampu menguasai keadaan dan melakukan penaklukan selama 3 hari. setelah misi telah selesai, Panglima muda ini membangun rumah dan masjid untuk kaum muslimin dan menurunkan pasukan pengamanan sebesar 4.000 personel.

Setelah itu,beliau menuju Kota Bairun. Muhammad Al Qasim berhasil menguasainya dan disambut dengan baik oleh pendudukna. Beliau melanjutkan upaya Syiar Islam sampai mencapai daerah Miltan yang terletak di sebelah selatan Punjab. penduduk daerah ini melakukan perlawanan tetapi kemenangan masih di pihak kaum muslimin. jumlah mereka yang gugur sangat banyak. sedangkan ghanimah (rampasan perang) yang didapat sangat besar.

Demikianlah sejarah Muhammad Al Qasim yang senantiasa memperluas Syiar Islam dan senantiasa mendapatkan kemenangan hingga seluruh negeri di daerah Sindi dalam wilayah kekhalifahan Islam.

Artikel terkait:
Kebenaran datangnya dari Allah SWT, Kesalahan datangnya dari saya...
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan andasilahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya Atau anda bisa mendapatkan artikel terbaru di Blog Khazanah Islam dengan cara masukkan email anda di Form di bagian paling bawah artikel ini .Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Islam Muhammad bin Al Qasim dan Penaklukan Sindi"

Post a Comment