Khalifah Islam Daulah Umayyah : Al Walid Bin Abdul Malik

Khalifah Islam Daulah Umayyah : Al Walid Bin Abdul Malik
Peta Andalusia, Spanyol

Khalifah Islam ke 6 pada masa Dinasti Umayyah, Al Walid dan Bin Abdul Malik lahir di daerah Syam pada tahun 50 Hijriyah. Al Walid adalah putra sulung dari Abdul Malik bin Marwan, khalifah sebelumnya. Beliau dilantik sebagai khalifah pada bulan Syawal tahun 86 Hijriyah.
Pemerintahannya merupakan cerminan kehidupan yang cerah di masa Daulah Umayyah. itu karena berbagai usaha perbaikan yang besar baik itu perbaikan di dalam negeri dan luar negeri. juga memperluas Syiar Islam di luar negeri. Wilayah ke khalifahan beliau membentang dari Andalusia (Spanyol) sampai Bukhara (Iraq). Khalifah Al Walid banyak melakukan perluasan Syiar Islam sampai daerah Khurasan (Kawasan Timur) dan Ke daerah Afrika (Kawasan Barat). Beliau mengembangkan system kesejahteraan, membangun rumah sakit dan institusi pendidikan. Umat Islam pada zamannya pun berada dalam masa kemakmuran.

Perbaikan di Masa Ke Khalifahan Al Walid Bin Abdul Malik

1.  Renovasi dan Perluasan 2 (dua) Masjid yaitu Masjid Nabawi dan Masjid Umawi Di Damaskus.

Pada masa kekhalifahan beliau, Masjid nabawi mengalami pemugaran dan diperluas sehingga luasnya mendai 200 hasta kali 200 hasta. Beliau memasukkankan seluruh kamar-kamar milik istri Rasulullah SAW  ke dalam area masjid. Begitu Pula dengan pelabaran Masjid Umawi di Damaskus. selesailah pembangunan kedua masjid tersebut dengan bentuk yang begitu megah.

2.   Memberikan Perhatian dan Kesejahteraan Pada Rakyat

Di Masa Kekhalifahan Al Walid Bin Abdul Malik ada subsidi Nafkah tetap dan subsidi biaya hidup yang layak kepada rakyat yang tuna netra dan penyandang cacat. setiap orang yang tidak mampu bekerja diberi pembantu. setiap orang yang buta diberi pemandu untuk penunjuk jaln.
Beliau juga membangun rumah sakit bagi penderita kusta yang terletak di pinggiran damaskus, yang sampai sekarang masih ada dan memakai namanya.


3.   Melakukan Perluasan Syiar Islam Ke Luar Negeri

Masa pemerintahan Al Walid termasuk sebagai masa perluasan Syiar Islam terbesar. ada 4 (empat) orang panglima jihad beliau yang memberikan pengaruh besar pada upaya perluasan syiar Islam di masa beliau, yaitu Qutaibah bin Muslim, Muhammad Bin Al Qasim, Musa bin Nushair dan Maslamah bin Abdul Malik.
Pada masa beliau Syiar Islam dapat mencapai wilayah perbatasan Cina dan berhasil menaklukan wilayah Kasygar di wilayah Timur dan di wilayah selatan Syiar Islam di masa kekhalifahan beliau dapat mencapai daerah Sind (Daerah Indus, India)
(sumber : Majalah Al Mawaddah Vol 84 tahun 1436 Hijriyah, hal 43)

Kebenaran datangnya dari Allah SWT, Kesalahan datangnya dari saya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan andasilahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya Atau anda bisa mendapatkan artikel terbaru di Blog Khazanah Islam dengan cara masukkan email anda di Form di bagian paling bawah artikel ini .Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khalifah Islam Daulah Umayyah : Al Walid Bin Abdul Malik"

Post a Comment