Sadiq Khan,Walikota London, Seorang Muslim, Imigran dan Anak Seorang Supir Bus

Sadiq Khan,Walikota London, Seorang Muslim, Imigran dan Anak Seorang Supir Bus
Sadiq Khan, Wakilota Muslim Pertama Kota London


Sadiq Khan, seorang muslim Inggris dilantik sebagai walikota baru London, Kandidat dari Partai Buruh  tersebut mengalahkan rivalnya, Zac Goldsmith, menjadi kota walikota London Muslim pertama. Berbicara pada upacara di Katedral Southwark, Sabtu, Khan menambahkah ia Bangga dan tetap rendah hati setelah menjadi Walikota London. Sadiq Khan, ingin setiap warga London mendapatkan kesempatan seperti kesempatan yang ia dapatkan bersama keluarganya. Kesempatan yang ia berikan tidak hanya untuk bertahan hidup tetapi untuk lebih berkembang dan berprestasi

Sadiq Khan adalah putra imigran dari Pakistan yang menetap di London pada tahun 1960, di mana ayahnya bekerja sebagai sopir bus. Khan Lahir di Tooting, Khan belajar hukum dan kemudian menjadi seorang pengacara hak asasi manusia sebelum terpilih sebagai anggota parlemen Partai Buruh untuk konstituen London dari Tooting pada tahun 2005.  kemudian Khan diangkat menjadi menteri muda bagi masyarakat pada tahun 2008, dan menteri transportasi pada tahun 2009 di bawah perdana menteri, Gordon Brown. Meskipun ia bukan salah satu dari menteri peringkat tertinggi, ia menjadi Muslim pertama yang menghadiri pertemuan kabinet secara teratur.Kemenangan juga membuat dia salah satu politisi Muslim paling terkemuka di Barat.

London merupakan representasi Inggris: Sekitar seperempat dari penduduknya adalah imigrant dan seperdelapan adalah Muslim. Dan Sadiq Khan bukanlah Muslim pertama yang memegang jabatan penting di Eropa: Rotterdam, di Belanda, telah memiliki seorang walikota Muslim sejak tahun 2009, dan Sajid Javid adalah sekretaris negara Inggris untuk bisnis.
Kemenangan Mr. Khan juga dorongan terbesar partainya dalam serangkaian pemilu pada Kamis di mana PartaiBuruh kehilangan cengkeramannya pada Skotlandia, untuk kursi di Inggris dan Wales.
Mr Khan menang dengan 56,8 persen suara, dibandingkan 43,2 persen untuk Mr. Goldsmith, sesuai dengan
aturan pemilu London. Hasilnya belum final sampai Sabtu pagi karena dalam pemilih sistem pemilu London diperbolehkan preferensi pertama dan kedua, dan Mr Khan tidak memenangkan suara mayoritas di babak pertama.
Kampanye Mr Khan berfokus pada pangan dan papan seperti biaya perumahan dan transportasi. Dia menarik dukungan yang kuat dari serikat buruh dan dari pemimpin partainya, Jeremy Corbyn, seorang sosialis yang memiliki basis bersemangat di kalangan pemilih muda tapi menghadapi perlawanan berat antara sesama.anggota parlemen Buruh .
Dengan kemenangan Sadiq Khan diharapkan sentiment anti Muslim di Eropa berkurang, dan berharap Sadiq Khan mempunyai kinerja yang sangat baik agar masyarakat Eropa dan dunia dapat mengetahui bahwa kota yang dipimpin seorang muslim tidak selalu buruk.

Semoga Bermanfaat.. silakan di share dan follow twitter @zaenal_zein

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sadiq Khan,Walikota London, Seorang Muslim, Imigran dan Anak Seorang Supir Bus "

Post a Comment